Sasaran pembelajaran
-         
Mengetahui perbedaan antara lokal, nasional, internasional & merek
global
-         
Alternatif pembelajaran untuk memposisikan merek global
-         
Menghargai pentingnya tingkatan kejenuhan
-         
Menumbuhkan kesadaran akan sikap dan pertimbangan disain ke arah negeri
asal
-         
Mengetahui mengapa pengembangan produksi baru adalah kunci ke survival dan
pertumbuhan global
Konsep dasar  Produk
-         
Produk dapat digambarkan sebagai suatu koleksi phisik, atribut simbolis dan
psikologis yang terkadang secara bersamaan menghasilkan kepuasan, atau manfaat,
bagi seorang pemakai atau pembeli.
-         
Produk dapat digolongkan ke dalam golongan konsumen & barang penghasil
barang
-         
Produk dapat digolongkan sebagai persediaan atau jangka hidup mereka
Lokal, Nasional, Internasional dan
Produk Global
-     Produk
lokal ditawarkan di dalam sebagian dari suatu pasar nasional
-     Produk
nasional ditawarkan di dalam Pasar nasional tunggal
-     Produk
internasional ditawarkan di dalam pasar multinasional, yang regional
-     Produk
global ditawarkan di dalam pasar yang global. Pangsa pasar  adalah internasional dan multi-regional
Merek Global
-     Suatu lambang tentang pelanggan dengan kaitan mempunyai kepercayaan&
persepsi
-     Nama sama atau maksud/arti sama di dalam bahasa yang lain 
-     Gambaran serupa & posisi
-     Dipandu oleh prinsip strategi yang sama
-     Bauran pemasaran dapat
bertukar-tukar dari negeri ke negeri
Memposisikan Produk dan jasa
-     Berguna atau Bermanfaat 
-     Berkualitas/berharga
-     Pemakai/memakai
-     Dapat memposisikan teknik dengan canggih
-     Dapat memposisikan teknik dengan teliti
Kejenuhan Produk  di dalam Mengukur Pasar Global
-     Banyak faktor yang menentukan suatu produk berpotensi pasar
-     Tingkatan kejenuhan produk meningkat ketika pendapatan negara per
kapita meningkat
-     Ketidakhadiran atau kehadiran dari suatu produk pesaing tertentu
dapat menjadikan hat penting
Produk dan jasa Mendisain Pertimbangan
-     Pilihan
-     Biaya-Biaya
-     Peraturan dan Hukum
-     Kecocokan
-     Label dan instruksi
 Sikap
ke arah pengembangan sebelumnya
-     Sikap yang ditiru ke arah produk asing & jasa dapat menyukai
atau menyaingi dalam memasarkan usaha
-     Jika mutu dirasa menjadi rendah
*    produk asing dapat disamarkan atau dapat dibajak
*    Identifikasi  luar yang
menyangkut produk dapat dilanjutkan sehingga sikap konsumen ke arah produk
dapat diubah
-     Dalam beberapa segmen pasar produk asing mempunyai suatu
keuntungan yang pasti/menjanjikan sebab produk mereka khusus
Alternatif Perluasan  Strategis Mengenai Pemetaannya
| 
Strategi 2: Perluasan
  Produk, Adaptasi Komunikasi 
Contoh: Sekuter | 
Strategi 4: Adaptasi atau
  Adaptasi Rangkap dalam Produk/Komunikasi 
Contoh: Pelunak pabrik Unilever | 
| 
Strategi 1: Perluasan atau
  Perluasan Jaringan dengan Produk/Komunikasi 
Contoh: Campbell Sup | 
Strategi 3: Adaptasi
  Produk, Perluasan Komunikasi 
Contoh: Exxon | 
berbeda
      Sama
Sama                           Produk                                       berbada
Perencanaan Produk Global: Alternatif
strategis untuk berkembang ke dalam pasar global
Strategi 1: Perluasan atau Perluasan Jaringan
dengan Produk/Komunikasi
-     Perusahaan menjual persisnya produk yang sama atau jasa dengan
iklan yang sama yang digunakan dalam area pemasaran awal
-     Perusahaan berasumsi bahwa semua pasar sama
-     Tidak bekerja dalam semua pasar
-     Sering menggunakan biaya-biaya dalam perluasan produk/komunikasi
Contoh: Campbell Sup
Strategi 2: Perluasan Produk, Adaptasi
Komunikasi
-     Jika produk melayani kebutuhan berbeda dalam berbagai
negara-negara, hanya komunikasi pemasaran yang mungkin dapat melakukan proses
adaptasi
-     Adaptasi dapat terjadi dengan sengaja atau tidak disengaja
-     Implementasi rendah penyebab produk tidak berubah
Contoh: Sekuter
Strategi 3: Adaptasi Produk, Perluasan
Komunikasi
-     Produk merupakan penyesuaian diri melalui pangsa pasar yang baru,
tetapi dasar melakukan strategi komunikasi dapat menimbulkan perubahan
-     Produk merupakan penyesuaian diri dengan lingkungan dan pilihan bagi
konsumen di dalam pasar yang baru
Contoh:
Exxon
Strategi 4: Adaptasi atau Adaptasi
Rangkap dalam Produk/Komunikasi
-     Penggunaan Adaptasi Rangkap adalah perusahaan harus menyesuaikan
produk atau jasa seperti halnya pemasaran komunikasi kepada pangsa pasar asing
Contoh: Pelunak pabrik Unilever
Strategi 5: Penemuan Produk
-     Menuntut tetapi berpotensi memberi penghargaan strategi untuk
mencapai pasar umum di dalam LDCS
-     Mutu produk adalah penting tetapi harus didukung dengan
imajinatif, bernilai penciptaan  iklan &
pemasaran komunikasi
Bagaimana cara Memilih suatu Strategi
-
3 Tahap:
- Pangsa Pasar - motivasi utama akan membuang kapasitas
kelebihan
- Nasionalis – melihat bahwa adaptasi sebagai satu-satunya
alternatif
- Pemasaran Umum – mengevaluasi ke berbagai negara-negara
dengan beberapa standardisasi & beberapa perbandingan
Pembaruan Produksi dan Jasa dalam
Pemasaran Global (1)
-     Pembaruan perusahaan dan konsumen (produk/inivasi layanan)
-     Pembaruan pada konsumen tetapi tidak untuk perusahaan (Produk/Jasa
atau perluasan jaringan)
-     Pembaruan pada konsumen namun tidak pada perusahaan (Produksi
baru atau bentuk jasa lainnya)
Produk baru dan Jasa di dalam
Pemasaran Global (2)
- Proses pengambangan produk
baru:
*    Mengidentifikasi gagasan terbaru dari produk sebelumnya
*    Penyaringan identifikasi dan gagasan tambahan untuk penyelidikan
lebih lanjut 
*    Analisa dan penyelidikan terukur menyangkut produksi baru gagasan
yang terpilih
* Pengorganisasian sumber daya yang
cukup
- Permulaan produks pada tingkatan
internasional
- Pengujian produks baru & jasa di
dalam pasar nasional
Pembaruan Produksi di dalam Pasar
Global yang Pesat
-     Perusahaan global dalam bersaing harus mendunia
-     Terpusat pada satu atau beberapa bisnis
-     Pengaturan yang berpengalaman sebagai modal dasar
-     Tindakan & pertahanan yang baik & pikiran yang matang
dengan sangat cermat
-     Memahami pentingnya kecepatan dalam menjual
Ringkasan
-     Produk dan jasa adalah unsur-unsur utama dari  program pemasaran
-     Faktor  terpenting adalah:
pilihan, biaya-biaya, peraturan dan hukum, dan kesesuaian
-     Lima alternatif strategis untuk perluasan pemasaran:
- Perluasan Produk/Komunikasi,
adaptasi jaringan produk/komunikasi, adaptasi perluasan produk/komunikasi,
penemuan produk dan adaptasi rangkap
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar