the GazettE

the GazettE
INSIDE BEAST

Kamis, 29 November 2012

Bab IV



Hasil Penelitian dan Pengembangan
Analisis Data
1.      Kebutuhan Pokok Responden
Dari hasil pengolahan data responden, bahwa peran Bulog dalam mengimpor beras untuk megantisipasi terjadinya inflasi adalah dengan prosentase sebesar 40%, dibandingkan dengan pihak swasta yang berprosentase jauh lebih besar yakni 60%. Keadaan tersebut menunjukan bahwa pihak swasta lebih mempunyai banyak peranan penting dalam kegiatan impor beras di bandingkan dengan pihak Bulog itu sendiri. Yaitu dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan juga sebagai tujuan untuk lebih meningkatkan laba dalam kegiatan bisnis yang dilakukannya.
            Menurut survei, penyerapan beras petani saat ini sangat minim bahkan tertinggal jauh dari pelaku swasta. Diperkirakan serapan dari pihak Bulog hanya mencapai prosentase sebesar 10%, sedangkan sangat tertinggal jauh dibandinhkan dengan pihak swasta yakni mencapai 90%.
            Tingginya prosentase penyerapan dan pengantisipasian dikarenakan keinginan dari pihak swasta untuk meningkatkan laba dan juga disebabkan karen harga beras Internasional lebih murah yakni mencapai prosentase 30%.

2.      Peranan Responden
Dilihat dari faktor peranan, responden berasal dari kepedulian dan keinginan untuk kembali menstabilkan harga beras dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Yang dilakukan oleh pihak swasta jauh lebih baik dibandingkan dengan apa yang dilakukan pihak Bulog. Hingga mencapai prosentase 90% bahkan lebih.
Menurut penelitian dari Akbar Zulfikar pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa dari segi paningkatan kesejahteraan hingga penguasaan segmentasi pasar pihak swasta sangat unggul dari pihak Bulog yang melakukan pekerjaannya iti dibawah kendali pmerintah pusat dan daerah.  Dan ia juga sangat mengagumi rekomendasi atau yang lebih tepatnya lagi disebut saran yakni dari swasta yang membuat suatu inovasi untuk mulai mengkonsumsi beras singkong sebagai pengganti dari beras nasi. Dan gerakan ini pun sudah dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar