the GazettE

the GazettE
INSIDE BEAST

Minggu, 14 Oktober 2012

Bab I


Tema: Kenaikkan Harga Bahan Pokok

Melambungnya Harga Bahan Pokok
oleh Hermas E Prabowo


1.1 Latar Belakang
Kenaikkan harga bahan pokok terutama beras memang tak bisa menjadi masalah yang dapat dikesampingkan. Penyebabnya adalah akibat musim  kemarau yang pada akhir-akhir bulan ini sering datang tak menentu karna pemanasan global yang kian hari semakin terasa dampaknya, sehingga menyebabkan tanah persawahan para petani mengalami gagal panen dan kekurangan sumber air.  Pada akhirnya kesuburan padi menjadi tidak bagus dan mempunyai kualitas yang sangat buruk.
 Harga beras di pasaran menjadi naik hampir dua kali lipat dari harga biasanya. Ditambah lagi permasalahan ini berhubungan dengan datangnya permintaan akan beras pada bulan suci Ramadhan yang juga meningkat. Peran Bulog pada masalah ini memang sangat diharapkan dapat bisa mencegah atau menstabilkan harga beras kembali. Kegiatan operasi pasar memang harus di lakukan secara rutin di seluruh daerah indonesia. Terutama di daerah yang harganya cenderung paling tinggi, agar  dapat mengantisipasi tindakkan para penimbun beras yang sering kali menaikkan harga beras di luar dari yang di sesuaikan. Di samping itu juga pemberian beras raskin kapada masyarakat tak mampu juga harus gencar di lakukan untuk menekan tingkat kenaikkan harga beras.
Agar dapat mengantisipasi kenaikkan harga beras Perum Bulog serta Pemerintah lebih menggandalkan kegiatan impor beras di berbagai negara di Asia Tenggara. Kegiatan impor ini sangat di harapkan  ke efektifitasannya oleh masyarakat terutama kalangan bawah untuk dapat terus meredam atau bahkan menurunkan harga beras menjadi stabil kembali.  
Selain itu untuk daerah langganan-langganan kekeringan tidak boleh lepas dari perhatian Pemerintah Daerah dan Pusat agar tidak kekurangan pasokan beras. Di harapkan juga daerah-daerah yang memiliki pasokan beras yang memadai dapat menyalurkan atau mendistribusikannya ke daerah-daerah yang memang mangalami kekurangan pasokan beras.



1.2 Masalah
Kenaikkan harga beras cenderung di sebabkan oleh datangnya musim kemarau dan meningkatnya permintaan beras pada bulan suci Ramadhan.

1.3 Tujuan Penelitian
Agar dapat mengetahui penyebab terjadinya kenaikkan harga beras dan mencari solusinya atau dapat juga menstabilkan atau manurunkan harganya kembali dengan landasan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

1.4 Metode Penelitian
Untuk mencari informasi dan bahasan yang diinginkan, Penulis terlebih dahulu harus menggunakan beberapa prosedur yaitu:
Langkah 1, Mencari jurnal yang cocok untuk tema yang ingin di bahas.
Langkah 2, Membandingkan semua jurnal-jurnal yang ada.
Langkah 3, Mencantumkan hal yang sudah di perbandingkan dari jurnal-jurnal tersebut secara jelas.

1.5 Sistematika Penulisan
Agar mempermudah kepahaman pada masalah yang di bahas, berikut kami sistematika penulisannya:
BAB 1 PENDAHULUAN, Bab ini menjelaskan tentang implementasi metode penelitian yang tepat setelah membahas dan mempelajari dasar dari teori.
BAB 2 LANDASAN TEORI, Bab ini akan menjelaskan secara singkat tentang landasan-landasan teori mengenai kompensasi dan tinjauan semua hal berhubungan dengan masalah yang dibahas.
BAB 3 ANALISIS PEMBAHASAN, Bab ini menjelaskan tentang implementasi metode yang tepat selesai mempelajari landasan teori.
Bab 4 PENUTUP, Bab ini berisi suatu kesimpulan dari hal yang telah di bahas pada teori di atas.

Sumber
Harian Kompas, Harian Pos Kota, Pusat Informasi Potensi Daerah Indonesia.



        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar