the GazettE

the GazettE
INSIDE BEAST

Selasa, 03 Juni 2014

Keputusan Produk




Sasaran pembelajaran
-          Mengetahui perbedaan antara lokal, nasional, internasional & merek global
-          Alternatif pembelajaran untuk memposisikan merek global
-          Menghargai pentingnya tingkatan kejenuhan
-          Menumbuhkan kesadaran akan sikap dan pertimbangan disain ke arah negeri asal
-          Mengetahui mengapa pengembangan produksi baru adalah kunci ke survival dan pertumbuhan global

Konsep dasar  Produk
-          Produk dapat digambarkan sebagai suatu koleksi phisik, atribut simbolis dan psikologis yang terkadang secara bersamaan menghasilkan kepuasan, atau manfaat, bagi seorang pemakai atau pembeli.
-          Produk dapat digolongkan ke dalam golongan konsumen & barang penghasil barang
-          Produk dapat digolongkan sebagai persediaan atau jangka hidup mereka

Lokal, Nasional, Internasional dan Produk Global
-     Produk lokal ditawarkan di dalam sebagian dari suatu pasar nasional
-     Produk nasional ditawarkan di dalam Pasar nasional tunggal
-     Produk internasional ditawarkan di dalam pasar multinasional, yang regional
-    Produk global ditawarkan di dalam pasar yang global. Pangsa pasar  adalah internasional dan multi-regional

Merek Global
-     Suatu lambang tentang pelanggan dengan kaitan mempunyai kepercayaan& persepsi
-     Nama sama atau maksud/arti sama di dalam bahasa yang lain
-     Gambaran serupa & posisi
-     Dipandu oleh prinsip strategi yang sama
-     Bauran pemasaran dapat bertukar-tukar dari negeri ke negeri




Memposisikan Produk dan jasa
-     Berguna atau Bermanfaat
-     Berkualitas/berharga
-     Pemakai/memakai
-     Dapat memposisikan teknik dengan canggih
-     Dapat memposisikan teknik dengan teliti

Kejenuhan Produk  di dalam Mengukur Pasar Global
-     Banyak faktor yang menentukan suatu produk berpotensi pasar
-     Tingkatan kejenuhan produk meningkat ketika pendapatan negara per kapita meningkat
-     Ketidakhadiran atau kehadiran dari suatu produk pesaing tertentu dapat menjadikan hat penting

Produk dan jasa Mendisain Pertimbangan
-     Pilihan
-     Biaya-Biaya
-     Peraturan dan Hukum
-     Kecocokan
-     Label dan instruksi

 Sikap ke arah pengembangan sebelumnya
-     Sikap yang ditiru ke arah produk asing & jasa dapat menyukai atau menyaingi dalam memasarkan usaha
-     Jika mutu dirasa menjadi rendah
*    produk asing dapat disamarkan atau dapat dibajak
*    Identifikasi  luar yang menyangkut produk dapat dilanjutkan sehingga sikap konsumen ke arah produk dapat diubah
-     Dalam beberapa segmen pasar produk asing mempunyai suatu keuntungan yang pasti/menjanjikan sebab produk mereka khusus





Alternatif Perluasan  Strategis Mengenai Pemetaannya

Strategi 2: Perluasan Produk, Adaptasi Komunikasi
Contoh: Sekuter

Strategi 4: Adaptasi atau Adaptasi Rangkap dalam Produk/Komunikasi
Contoh: Pelunak pabrik Unilever

Strategi 1: Perluasan atau Perluasan Jaringan dengan Produk/Komunikasi
Contoh: Campbell Sup

Strategi 3: Adaptasi Produk, Perluasan Komunikasi
Contoh: Exxon

berbeda












      Sama
Sama                           Produk                                       berbada

Perencanaan Produk Global: Alternatif strategis untuk berkembang ke dalam pasar global

Strategi 1: Perluasan atau Perluasan Jaringan dengan Produk/Komunikasi
-     Perusahaan menjual persisnya produk yang sama atau jasa dengan iklan yang sama yang digunakan dalam area pemasaran awal
-     Perusahaan berasumsi bahwa semua pasar sama
-     Tidak bekerja dalam semua pasar
-     Sering menggunakan biaya-biaya dalam perluasan produk/komunikasi
Contoh: Campbell Sup

Strategi 2: Perluasan Produk, Adaptasi Komunikasi
-     Jika produk melayani kebutuhan berbeda dalam berbagai negara-negara, hanya komunikasi pemasaran yang mungkin dapat melakukan proses adaptasi
-     Adaptasi dapat terjadi dengan sengaja atau tidak disengaja
-     Implementasi rendah penyebab produk tidak berubah
Contoh: Sekuter
Strategi 3: Adaptasi Produk, Perluasan Komunikasi
-     Produk merupakan penyesuaian diri melalui pangsa pasar yang baru, tetapi dasar melakukan strategi komunikasi dapat menimbulkan perubahan
-     Produk merupakan penyesuaian diri dengan lingkungan dan pilihan bagi konsumen di dalam pasar yang baru
Contoh: Exxon

Strategi 4: Adaptasi atau Adaptasi Rangkap dalam Produk/Komunikasi
-     Penggunaan Adaptasi Rangkap adalah perusahaan harus menyesuaikan produk atau jasa seperti halnya pemasaran komunikasi kepada pangsa pasar asing
Contoh: Pelunak pabrik Unilever

Strategi 5: Penemuan Produk
-     Menuntut tetapi berpotensi memberi penghargaan strategi untuk mencapai pasar umum di dalam LDCS
-     Mutu produk adalah penting tetapi harus didukung dengan imajinatif, bernilai penciptaan  iklan & pemasaran komunikasi

Bagaimana cara Memilih suatu Strategi
- 3 Tahap:
- Pangsa Pasar - motivasi utama akan membuang kapasitas kelebihan
- Nasionalis – melihat bahwa adaptasi sebagai satu-satunya alternatif
- Pemasaran Umum – mengevaluasi ke berbagai negara-negara dengan beberapa standardisasi & beberapa perbandingan

Pembaruan Produksi dan Jasa dalam Pemasaran Global (1)
-     Pembaruan perusahaan dan konsumen (produk/inivasi layanan)
-     Pembaruan pada konsumen tetapi tidak untuk perusahaan (Produk/Jasa atau perluasan jaringan)
-     Pembaruan pada konsumen namun tidak pada perusahaan (Produksi baru atau bentuk jasa lainnya)


Produk baru dan Jasa di dalam Pemasaran Global (2)
- Proses pengambangan produk baru:
*    Mengidentifikasi gagasan terbaru dari produk sebelumnya
*    Penyaringan identifikasi dan gagasan tambahan untuk penyelidikan lebih lanjut
*    Analisa dan penyelidikan terukur menyangkut produksi baru gagasan yang terpilih
* Pengorganisasian sumber daya yang cukup
- Permulaan produks pada tingkatan internasional
- Pengujian produks baru & jasa di dalam pasar nasional

Pembaruan Produksi di dalam Pasar Global yang Pesat
-     Perusahaan global dalam bersaing harus mendunia
-     Terpusat pada satu atau beberapa bisnis
-     Pengaturan yang berpengalaman sebagai modal dasar
-     Tindakan & pertahanan yang baik & pikiran yang matang dengan sangat cermat
-     Memahami pentingnya kecepatan dalam menjual

Ringkasan
-     Produk dan jasa adalah unsur-unsur utama dari  program pemasaran
-     Faktor  terpenting adalah: pilihan, biaya-biaya, peraturan dan hukum, dan kesesuaian
-     Lima alternatif strategis untuk perluasan pemasaran:
- Perluasan Produk/Komunikasi, adaptasi jaringan produk/komunikasi, adaptasi perluasan produk/komunikasi, penemuan produk dan adaptasi rangkap






Tidak ada komentar:

Posting Komentar